Translate

Domain Non-TLD Tidak Susah Mendapatkan Sitelink Google

Apakah benar, domain non-TLD tidak bisa atau mustahil mendapatkan sitelink Google?
Sitelink hydra-freak
Tautan situs (en: sitelink) sangat bermanfaat untuk sebuah jaringan yang mengandalkan alat penelusuran seperti Google. Tautan situs dapat menambah daya tarik situs jaringan terhadap pengunjung yang menggunakan mesin penelusuran untuk mencari sebuah situs jaringan. Tautan situs ini juga berguna sebagai jalan pintas untuk ke sebuah laman utama, seperti laman login, laman populer, dan sebagainya. Perusahaan situs-situs jaringan besar pun menggunakan tautan situs. Tak hanya situs-situs jaringan besar yang berdomain TLD yang mendapatkan tautan situs Google, situs jaringan kecil seperti situs ini yang berdomain non-TLD juga bisa mendapatkan tautan situs Google. Tidak percaya? Bisa dilihat pada gambar di atas atau buktikan sendiri di mesin penelusuran Google.

Bagaimana cara mendapatkan tautan situs di Google?

Tautan situs yang saya peroleh merupakan hasil dari berbagai cara yang saya lakukan terhadap situs saya. Mulai dari menyunting tema, promosi, dan lain-lain. Tautan situs datang tanpa konfirmasi kepada pemilik, jadi saya pun terkaget ketika menemukan tautan situs jaringan saya di mesin penelusuran Google. Menurut saya, ada beberapa faktor yang memengaruhi munculnya tautan situs saya. Silakan simak sedikit teks berikut ini.

Jumlah pengunjung

Jumlah pengunjung saya beragam setiap harinya, mulai dari 50 hingga 500. Jika saya sedang sangat sibuk dan malas mengurus situs jaringan, jumlah visitor saya selalu berkurang dan sepi pengunjung. Tetapi jika saya menulis artikel yang sedang sangat heboh dibahas, populer, atau lainnya dan mempromosikannya kepada orang-orang, situs jaringan saya menjadi ramai dan jumlah pengunjungnya pun bertambah banyak. Jadi intinya, Kualitas artikel dan promosi merupakan salah satu hal penting untuk meraih tautan situs. Kalian bisa menambahkan halaman penggemar di berbagai media sosial populer untuk menarik pengunjung ke situs jaringan kalian. Sebelum mendapat tautan situs, situs jaringan ini memiliki halaman penggemar dengan suka dan pengikut hitungan jari sehingga halaman penggemar tidak terlalu penting untuk mendapatkan tautan situs.
Lihat media sosial situs ini di sini.
Struktur tema

Struktur tema juga termasuk hal penting yang harus diperhatikan untuk meraih tautan situs Google. Struktur tema harus memperhatikan UX (User eXperience atau Pengalaman Pengguna) agar pengunjung tidak kebingungan ketika mengunjungi situs jaringan kita. Pada Data Terstruktur, tema tidak boleh memiliki kesalahan ataupun peringatan agar tema semakin maksimal dalam penggunaannya. Tampilan tema yang mobile-friendly, SEO-friendly dan responsif juga dapat mendorong situs jaringan untuk mendapatkan tautan situs Google. Intinya, tema harus Mobile-friendly, SEO-friendly, responsif, dan juga memiliki Data Terstruktur agar menambah ketertarikan Google untuk memberikan tautan situs. Kalau kalian sudah sangat pintar dalam pemrograman jaringan, kalian dapat menambahkan fitur AMP dan Facebook Instant Articles agar pengunjung semakin nyaman mengunjungi situs jaringan kalian. Di saat situs jaringan ini mendapat tautan situs, situs jaringan ini tidak terpasang fitur AMP dan Facebook Instant Article. Jadi kalian tidak terlalu perlu banyak belajar pemrograman jaringan untuk mendapatkan tautan situs.

Widget

Situs jaringan ini memiliki banyak widget. Tetapi kebanyakkan widget justru membuat situs jaringan menjadi lama memuat dan membuat pengunjung kesal. Jadi gunakanlah widget secukupnya saja. Widget yang saya rekomendasikan adalah Google Custom Search Engine atau Mesin Pencarian Khusus Google. Widget ini menggunakan alat penelusuran Google sehingga dapat meningkatkan perolehan tautan situs dari Google.

Menggunakan beberapa produk Google

Produk-produk Google banyak membantu situs jaringan untuk mendapatkan tautan situs. Produk yang saya maksud yaitu Google Analytics, AdMob, AdSense, Tag Assistant, Search, Plus, Youtube, Drive, AdWords, Gmail, Keyword Planner, Webmaster, dan lainnya. Menurut saya, Webmaster yang sangat membantu untuk mendapatkan tautan situs Google.

Setia pada Situs Jaringan

Perlu diketahui, situs jaringan ini mendapat tautan situs pada umur 2 tahun. Kesetiaan itulah yang membuat Google percaya bahwa pemilik situs jaringan ini niat untuk mengurusi situsnya dan Google pun memberikan hadiah berupa tautan situs. Dengan total PV 100-1000 setiap harinya, situs jaringan ini bisa mendapatkan tautan situs mengalahkan situs-situs jaringan yang masih baru walaupun ramai pengunjung.


Demikianlah sedikit petunjuk dari saya untuk mendapatkan tautan situs dari Google. Tautan situs sedikit bermanfaat untuk situs jaringan kita untuk menambah ketertarikan pengunjung. Semoga setelah mengikuti petunjuk tersebut kalian menjadi lebih mudah untuk mendapatkan tautan situs dari Google. Petunjuk tersebut tidak 100% akurat, hanya pengalaman saya sebelum mendapatkan tautan situs dari Google.
logoblog


Show comment(s)
Hide comment(s)

3 komentar

Contact (for business): hydrafre4k@gmail.com

Auto Scroll Stop Scroll