Translate

Website Pembelajaran Pemrograman Indonesia Terbaik

©HydraF - Website belajar programming berbahasa Indonesia terbaik
HYDRAFRE4K ⎯ Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, kasus-kasus, dan pengetahuan lainnya seperti matematika.
Pemrograman adalah suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda juga.
Pemrograman merupakan salah satu pembelajaran yang tergolong sulit karena terdapat banyak sekali hal-hal pembelajaran yang harus dipelajari di dalamnya. Kalau kata orang-orang ya, engga sembarang orang bakal ngerti pemrograman. Faktanya mah, kalo niat belajar apa sih yang engga :D?
Dalam pembelajaran pemrograman, kita bakal butuh banyak refrensi nih.. Entah itu dari guru, dosen, buku, dan juga situs jaringan pembelajaran. Kalau website sebelah sudah mensharing apa saja situs pembelajaran pemrograman, website ini bakal mensharing situs pembelajaran pemrograman yang berbahasa Indonesia. Dan dijamin, situs-situs pembelajaran berbahasa Indonesia ini bakal bikin kamu lebih ngerti daripada pake bahasa asing.
Berikut sedikit daftar dan ulasan tentang beberapa situs jaringan pembelajaran pemrograman berbahasa Indonesia menurut HydraF.
  • TLX Training Gate | https://training.ia-toki.org
    TLX Training Gate adalah situs untuk belajar dan berlatih pemrograman. Situs ini bisa dikatakan situs pembelajaran pemrograman terlengkap di Indonesia. Walaupun masih ada kata-kata yang berbahasa Inggris di beberapa fitur, tetapi semua materi, semua latihan dan semua pembelajarannya menggunakan bahasa Indonesia sehingga mudah untuk kalian pahami. Materi dapat kalian unduh dalam format PDF. Jadi kalian bisa mempelajari materinya secara offline, kapan pun dan di mana pun. Untuk kode sumber, kalian bisa menggunakan bahasa C++, C, Pascal, Phyton, dan Java. Seiring perkembangan zaman, mungkin kode sumber dan fitur-fitur lainnya akan ditambahkan.
  • Duniailkom | http://www.duniailkom.com/
    Duniailkom adalah situs Belajar Ilmu Komputer. Duniailkom didedikasikan bagi anda yang ingin mempelajari tentang dunia ilmu komputer. Duniailkom berfokus pada tutorial HTML, CSS, PHP, JavaScript, MySQL, WordPress, jQuery, cPanel, dan Pascal. Semoga duniailkom dapat bermanfaat dan dapat memandu anda mempelajari dunia programming. Happy Learning :) –Andre–
  • Jago coding | http://jagocoding.com
    Jagocoding.com adalah situs tutorial pemrograman yang dulu pernah menjadi no. 1 di Indonesia yang berbasis jejaring sosial (social network). Bagikan tulisanmu ke semua penjuru dunia. Pelajari semua tutorial di sini untuk menjadi seorang yang "jago coding". Ada 4 kategori programming yang tersedia dalam situs ini, yakni Web Programming, Desktop Programming, Mobile Programming, dan Database. Fitur-fiturnya dapat dikatakan hampir LENGKAP tetapi tutorialnya masih kurang.
  • IlmuKomputer.Com | http://ilmukomputer.org
  • GATEWAN | http://gatewan.com
    Gerbang Observasi Teknologi, Algoritma, dan Pemrograman
  • Sekolah Koding | https://sekolahkoding.com
    Video tutorial web development dan programming dalam bahasa Indonesia. Luaskan ilmu, luaskan manfaat. Ciptakan hal yang bermanfaat dengan kekuatan super programming.
  • CodeSaya | https://codesaya.com
    CodeSaya adalah tempat belajar coding yang mudah, seru, dan gratis. Dirakit oleh coder Indonesia dengan perangkat open source dan berumah di DigitalOcean. Terdapat 4 materi, yaitu Phyton, JavaScript, PHP, dan Git. Bisa dibilang, situs ini merupakan situs CodeAcademy versi Bahasa Indonesia.
  • Onestring Lab | http://onestringlab.com
    Onestring Lab didirikan oleh seorang penggiat IT dari Kota Pontianak. Tujuan pembuatan situs ini adalah untuk berbagi mengenai Pemrograman dan Info IT.
Itulah beberapa situs jaringan pembelajaran pemrograman gratis berbahasa Indonesia. Mohon maaf jika ada kekurangan, kalian bisa menambahkan kekurangannya tersebut di kolom komentar.

Rekomendasi dari penulis untuk belajar dasar pemrograman adalah list yang paling atas ya..
Belajarnya jangan setengah-setengah, sampai tamat kalau mau jago :D

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman
logoblog
Show comment(s)
Hide comment(s)

16 komentar

Contact (for business): hydrafre4k@gmail.com

Auto Scroll Stop Scroll